Senin, 15 Februari 2010

” BAHASA MAAF ”

* Celingak celinguk * Bingung mo ngomong apa :-)

Haii…, haii.. haii… pa khabar semua…? Apa khabar my Notes..?
Hhuufftt entah udah berapa minggu gwe ngga nulis di notes FB ini,
Yang jelas kayaknya udah kerasa lama bgt.

Iyaaa..., iyaaa... Gwe ngerti kalo lu semua udah pada kangen kan ama Gwe ? ( Yaaakkk... yang merasa mau muntah, mohon jangan muntah didepan Kompi, Laptop atau HP yaa !!! apalagi tuh HP boleh minjem )

To The Point aja.., Kali ini gwe mau menulis soal ” Bahasa Maaf ”. Kalo kita urut-urut ceritanya gini, Dulu pacar lu nembak lu pake “ Bahasa cinta “ yg ada di dalam Note Gwe yg lalu.. ehh.., tiba2 doi ketahuan selingkuh tuh.., tentunya setelah lu tau “ Ciri2 pasangan selingkuh “ yg jg ada di note Gwe hehhe.. nah sekarang Doi mau minta maaf niih… mungkin kamu ngga sadar kalo dia udah minta maaf…, karena ternyata Manusia mengungkapkan maaf dalam beberapa Bahasa guys !!!


berikut ” BAHASA MAAF ” :

1. Pernyataan Menyesal
Orang2 type ini ngga pernah bilang “ gwe minta maaf “ tapi dia akan bilang “ Gwe nyesel bgt udah bikin lu sedih “ pernyataan penyesalan ini sudah memakili kata2 maafnya. .Bagus nya orang yang minta maaf dengan cara ini, dia ngga lagi menemukan alas an untuk pembelaan diri. Sehingga bahasa maaf ini gampang diterima

2. Menerima Tanggung Jawab
Jenis kedua ini minta maaf dengan mengambil tanggung jawab dan mengakui kesalahan. Biasa nya dia akan bilang “ Gwe tahu, Gwe yang salah udah ngelakuin itu semua ” atau ” Iya deh.., Gwe yang salah...Gwe minta maaf ” Orang ini akan meletakan semua beban kesalahan pada dirinya dan mengakuin kesalahannya meskipun mungkin tu semua bukan salah dia.
Bahasa maaf ini paling susah diungkapin, karena kebanyakan ngga mau mengakui kesalahannya dan cenderung menyalahkan orang lain ! asal lu tau aja.., mengucapkan ” Gwe yang salah ” tuh lebih berat dari pada ngucapin ” Maafin gwe ”

3. Membuat Restitusi
Restitusi itu adalah membuat penggantian atas kesalahannya yang udah dia buat. Contohnya :
- tiba2 dia mendadak Romantis, ngasih lu bunga berikut kebun dan tukang kebunnya
- Tiba2 dia sms dan telpon lu setiap saat dan perhatiaaaaaannnn bgt, ampe2 tengah malem.., dia tlp km ampe 3 x buat mastiin km dah bobo
- Tiba2 dia ngasih lu hadiah macem macem
Istilah kasarnya dua nyogok lu lah biar maafin dia. Tapi hati2.., lu mesti bisa bedain mana yang tulus dan mana yang ngga. jangan ampe ntar udah lu maafin doi mengulangi lagi kesalahannya.

4. Mencoba berubah
Ohhh bukann !!! bukan berarti tiba2 doi besoknya pake celana dalem nya di luar kayak superman, atau tiba2 doi pake baju ketat truss nempel-nempel di dinding kayak spiderman. Berubah disini bukan berubah jadi pahlawan super hero kayak gitu !!

Berubah disini, Doi ngga banyak bicara masalahnya tapi langsung ke solusinya. Biasanya dia akan bilang ” Gwe janji ngga akan mengulanginya ” atau ” Gwe janji akan lebih baik lagi ”
Masalahnya sering kali dia amengalami kesulitan untuk merubah dirinya, berubah itu ngga segampang membalikan telapak kaki ( emang Bisa..? ) makanya jika lu dapet pasangan yang kayak gini, lu harus bantu dan beri motivasi dia buat berubah. Karena jika dia gagal berubah, dia bisa strss dan jika dia stress dan lu malah menagih janjinya untuk berubah doi bisa semakin tertekan ! lu ngga mau kan liat pacar lu gantung diri di Pohon cabe Cuma gara2 lu menekan dia !

5. Minta Pengampunan
Nahhh.., nih adalah orang yg paling to the Point . kalo doi merasa bersalah, doi akan langsung bilang “ Maukah Kamu memaafkan AKu ? “ ia mengajukan permintaan maaf karena dia ingin mendengar kepastian bahwa pacarnya benar2 memaafkannya dan masih mencintainya serta masih mau menerimanya ( bukan diterima disisi Nya yaa.. !! )
Jika Doi ngga mendapatkan kata-kata “ iya Gwe maafin lu kok “ doi bisa gelisah dan tersss dibayangi perasaan bersalah.

Sama halnya dengan berkata ” Gwe salah ”, minta maaf jg merupakan hal yang amat sulit karena mengucapkannya akan membuat orang terlihat lemah dan tidak punya harga diri. Itu sebabnya kita semua perlu menghargai orang2 yang minta maaf dan ngga menganggap enteng permohonan mereka atau malah mempermainkan mereka dengan mengajukan syarat2 tertentu kayak ” kalu lu mau minta maaf, coba ucapin kenceng2 di tengah jalan biar semua orang pada denger ” . Kalo lu melakukan hal itu artinya lu menginjak2 harga dirinya dan ngga menghargai dan menghormati pengorbanan yang udah doi lakuin.



Best Regards
Funky Tri Doretta
*Happiness keeps You Sweet, Trials keep You Strong, Sorrows keep You Human, Failures keeps You Humble*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar